Rabu, 23 Mei 2012

Handwriting Menulis Tangan Disekolah Dasar SD


Menulis Tangan Disekolah Dasar SD ( HANDWRITING ) Handwriting activities for elementary school
Bahasa adalah suatu sistem lambang yang dipergunakan oleh suatu masyarakat untuk bekerja sama,berinteraksi, dan mengidentifikasi (diadaptasi dari Kridalaksana, 1983 : 17). Belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi, baik lisan maupun tulisan.
Menyimak dan berbicara merupakan ragam komunikasi lisan. Keduanya muncul secara bersamaan. Disitu ada orang yanng berperan sebagai pembicara, dan ada pula yang bertindak sebagai penyimak. Sedangkan membaca dan menulis termasuk ke dalam ragam komunikasi tertulis. Kedua ragam komunikasi tertulis tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain, saling terkait erat. Seseorang membaca karena ada tulisan, sebaliknya seseorang menulis karena ingin menyampaikan ide, informasi, atau perasaannya kepada orang lain. Jadi bedasarakan penjelasan singkat diatas dapat disimpulkan bahwa menyimak dan membaca termasuk kegiatan reseptif, sedangakan berbicara dan menulis termasuk kegiatan produktif.
Membaca dan menulis menjadi dasar utama untuk memperoleh pengetahuan dalam rangka pertumbuhan dan perkembangan daya nalar, pertumbuhan sosial dan emosional.
Baiknya kita mengetahui dulu pengertian dari menulis sebelum kita membahas pembelajarannya. Menulis adalah kegiatan menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafis yang menggambarkan suatu bahasa ,yang dipahami oleh seseorang sehingga orang lain dapat membacanya, kalau mereka memahami bahasa dan lambang grafisnya. Sedangkan yang dimaksud dengan “handwriting” atau tulisan tangan adalah seni menulis dengan tangan dan alat tulis.
Meski saat ini masyarakat bergerak menuju jaman keyboard, anak-anak masih perlu untuk belajar menulis menggunakan tangan.
Menulis tangan jauh dari sekadar meletakkan huruf di atas kertas. Itu adalah satu kunci penting dari belajar membaca dan berkomunikasi. Bahkan fakta menurut para ahli, mengembangkan kemampuan menulis menguatkan kemampuan membaca dan begitu pula sebaliknya.
Untuk dapat membaca dengan baik, anak-anak perlu memahami huruf serta bunyi yang ditimbulkan serta bagaimana bunyi itu keluar bila huruf-huruf dirangkai menjadi kata. Belajar untuk menulis huruf juga merupakan hal penting dalam memahami hal tersebut.
Menulis tangan penting, sebab anak-anak selalu diminta menggunakannya setiap saat di sekolah taman kanak-kanak hingga sekolah dasar. Anak yang terbiasa dengan tulisan otomatis dari keyboard akan kesulitan saat menulis atau mengerjakan tes, atau menyelesaikan tugas sekolah. Hal ini dapat ditebak, justru akan mempengaruhi rasa percaya diri dan keberadaan diri mereka di sekolah nanti.
Sebelum mengajarakan menulis tangan kepada siswa, kita harus memperhatikan beberapa hal yaitu kesiapan anak belajar, tingkat perkembangan anak, alat peraga; sumber; dan media yang akan digunakan, aktivitas yang akan dilakukan anak, sikap anak dalam kegiatan pembelajaran, juga metoda yang akan digunakan dalam kegiatan menulis.
Selengkapnya Silahkan Download

0 komentar:

Posting Komentar